Kerja di Radio, Kayak Apa, sih?

Awal tahun 90an, jamannya baca novel fiksi masih jadi sesuatu yang wajib dijalani oleh anak muda, nama Hilman Hariwijaya sempat jadi nama wajib penulis masa itu yang bukunya harus dibaca. Kalo nggak baca, nggak tau ceritanya, nggak gaul. Serial Lupus sih, udah pada tau ya. Kalo Olga dan Sepatu Roda, gimana ???

 

Yang tau ceritanya senyam-senyum aja tuh. Jamannya Dessy Ratnasari kerja sampingan di Radio GaGa, main sepatu roda, cantik manis mempesona, punya sahabat namanya Wina, dan ditaksir sama pendengar yang digambarkan udik dan jadi fans berat. Berat banget sampe mau melamar untuk dijadikan istri. Hehe, itu gambaran di filmnya. Lucuuu…

Sebagai penyiar radio pun kerjaan si Olga ga ribet-ribet amat. Sekolah jalan, siaran pun jalan. Meskipun sebenarnya rada kurang realistis juga sih. Jaman orang susah cari kerja (sampai sekarang pun masih begitu), di cerita ini abege berseragam putih abu udah bisa masuk dunia kerja profesional.

Lalu faktanya seperti apa?

Sama aja sih, seperti dunia kerja umumnya. Ada atasan, ada bawahan. Ada staff, ada pekerja paruh waktu. Ada aturan-aturan kerja yang harus dijalankan. (Terkadang) Ada intrik2 juga di dalamnya. Dan yang lebih menyenangkan adalah, ada waktunya gajian 🙂 Horeeee! Oya,  Sempat saya buka cerita di postingan sebelumnya, bahwa pemasukan utama sebuah radio siaran swasta adalah sebagian besar dari iklan komersial, baik itu iklan lokal maupun nasional. Makanya, pendapatan sebuah radio swasta dari iklan komersil mereka, akan sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup radio secara on air, off air dan juga karyawan yang bernaung di bawahnya.

 

Kita intip sejenak struktur organisasi sebuah radio swasta yaa :

Yah, kurang lebih, sih begini ya. Jadi begitu mengenal dunia radio, posisi-posisi inilah yang akan kita temui. Hanya saja memang kapabilitas posisi tersebut masing-masing memiliki kekhasan sesuai dengan dunia broadcast. Misal, Music Director tentu saja harus mempunyai basic musik yang kuat, sesuai dengan segmen radio tersebut. Kemudian ada posisi Traffic Officer yang berkaitan dengan lalu lintas iklan.

Sebagai Penyiar Radio, dalam keseharian kita akan bersentuhan langsung dengan :

  1. Program Director/ News Director/Creative ; Orang yang bertanggung jawab seputar program acara
  2. Music Director ; Orang yang bertanggung jawab seputar lagu yang diputar
  3. Producer ; Orang yang menjadi partner kita dalam mengolah acara. Bukan dalam bentuk siaran on air, namun untuk segala hal yang berkaitan dengan kepentingan siaran mulai dari naskah siaran sampai nara sumber (untuk talkshow)
  4. Technical Operator ; Orang yang bertanggung jawab terhadap seluk beluk teknik siaran dari segi hardware. Mulai dari mixer sampai mic dan pc, dia yang handle.
  5. Office Boy ; penting banget, terutama kalo lagi laper banget dan gak ada yang bisa dimintain tolong beliin makanan 🙂

 

Tentu saja kerjasama yang baik sangat diperlukan antara satu sama lain agar tercipta atmosfir kerja yang nyaman dan menyenangkan. Saling memahami, saling toleransi, saling menghargai, serta saling mengerti menjadi kunci dari berhasil tidaknya atau sukses tidaknya satu acara, yang nantinya akan mempengaruhi seluruh acara yang disajikan secara on air di radio tersebut. Nggak gampang, memang. Semua akan terasa sejauh mana baik buruknya sejalan dengan waktu.

 

Kadang ya, kita bisa jadi belajar mengenai beragam karakter orang dari dunia radio. Saat yang datang silih berganti, yang kuat mental dan yang tidak selalu ada. Dalam sebuah radio siaran swasta, selalu ada orang-orang lama yang bertahan, apapun yang terjadi dalam radio itu. Entah ganti segmen, ganti orang-orangnya, sampai ganti owner. Namun ada juga yang memilih untuk meninggalkan zona nyaman dan ihtiar mencari tempat berlabuh lainnya. Sama seperti bidang kerja yang lain juga. Intinya, dimana pun kita bekerja tetap harus dengan itikad baik untuk mencari hal yang baik juga.

Semangattttttt^^

 

 

 

 

-W-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s