RADIO ANNOUNCER – VOICE OVER – DUBBER – SEIYUU

Salah satu keuntungan dari menjadi seorang pekerja radio adalah akses mendapatkan penghasilan tambahan dan link yang luas sangat terbuka lebar. Apalagi jika ia adalah seorang penyiar radio. Dari sekali talkshow saja, sekira dua atau empat orang baru yang biasanya ditemui entah itu klien dari kalangan usaha komersil, pegawai pemerintahan, artis penyanyi atau band, atau bahkan penulis novel dan lainnya, sangat beragam. Peluang untuk memperluas lingkup pergaulan pun tentu saja menjadi mudah dijajaki apalagi jika si penyiar adalah orang yang berkarakter supel.

Dan alangkah beruntungnya saya karena dapat merasakan hal yang sama. Berkat radio, saya dipertemukan dengan banyak orang dengan berbagai karakter dan kemampuan yang membukakan jalan menuju banyak hal. Memang betul apa yang sering saya dengar, Silaturahim membuka jalan rejeki 🙂

Selain siaran on air di radio, menjadi dubber atau pengisi suara untuk film atau game adalah yang paling asik buat saya^^ Kalau masalah fee-nya sih, relatif ya, biasanya dari order Voice Over justru lebih besar. Tapi mengingat profesi pengisi suara di Indonesia masih belum sepopuler profesi lainnya, maka penghasilannya pun masih belum stabil. Padahal untuk penentuan rate harga sudah ada. Hanya saja kadang pemakai jasa pengisi suara (apalagi orang lokal) masih menganggap remeh jasakami sehingga terkesan seenaknya dalam memberi penawaran harga. Kalau dibanding-banding sih, senasib dengan profesi penterjemah tulisan.

Di Jepang, profesi pengisi suara—-khususnya film anime atau game—merupakan salah satu profesi idaman anak muda di sana untuk saat ini. Apalagi jika mereka juga adalah seorang Otaku (pehobi yang identik dengan pehobi berat anime/manga/hal2 sejenis). Istilahnya adalah Seiyuu. Bahkan saking ngetopnya, Seiyuu dianggap selebriti pula. Setiap tahun pun ada ajang pemberian award/penghargaan kepada Female/Male Seiyuu yang berprestasi. Voice acting adalah salah satu hal yang menjadi bekal popularitas si Seiyuu.

Coba cek disini untuk lihat sekeren apa, sih, Seiyuu disana. Pastinya bikin anak-anak muda semangat jadi Seiyuu juga. Bayangkan kalau di Indonesia pun fee-nya se-menggiurkan di sana, hehe.

Miyuki Sawashiro
Miyuki Sawashiro

Well, ada beberapa kesempatan dimana saya merasa sangat senang sekali (ups, hiperbolis ih) ketika seorang kawan yang juga Voice Director mengajak saya untuk mengisi suara karakter dalam game on line. Order pertama cukup menarik sekaligus menggelikan, karena ternyata saya diharuskan mengisi suara untuk beberapa karakter sekaligus, protagonis dan antagonis, manusia dan monster (haha), bahkan hantu. Ajegilee….luar biasa^^ Cukup melelahkan pada saat proses, tapi lumayan bikin happy ketika melihat isi amplop untuk sekali take.

Lebih membanggakan lagi saat kesempatan untuk mengisi suara karakter di sebuah game buatan anak negeri berjudul Dread Out produksi Digital Happiness. Ngeri-ngeri joss rasanya. Karena karakter yang saya isi suaranya cukup melelahkan fisik. Apalagi saat take vocal, seolah disengaja, studio tempat kami bekerja saat itu memang ‘creepy’, haha. Tapi suasana seperti itu memang lumayan mendukung pendalaman karakter yang harus saya perankan. Pastinya sesuatu yang beda deh 🙂 Oya, gamenya sudah dirilis secara full yaaa. Kalau suka game, apalagi bergenre horor macam Dread Out, beli di Steam yah biar lebih afdol^^.

dread out

Intinya sih, memang betul juga apa kata orang, DO WHAT YOU LOVE, AND LOVE WHAT YOU DO. You will enjoy it, you’ll have fun with it^^

-W-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s