Interview w/ DR. dr. Samuel Oetoro : Air Minum Kemasan yang Sehat

Ketemu sama dr. Samuel Oetoro juga akhirnya :)

Sejak dulu tahu nama ini dari majalah-majalah macam Femina sampai Men’s Health. Dokter yang rajin ngasi tips kesehatan, rajin nulis artikel dimana-mana, dan termasuk dokter seleb juga (tapi partner siaran saya malah nggak ngeh waktu saya bilang, ‘ini dokter samuel lho…’)

Yang bikin ‘waw’ adalah, bahwa dokter Samuel ini kondisi tubuhnya bugar banget, sodara-sodara. Selidik punya selidik, sampai umur segini (di atas 60 thn) doi masih rajin berolahraga rutin setiap hari. intinya sih,dokter Samuel melakukan hal yang dia anjurkan pada orang lain melalui artikel-artikel yang pernah ditulisnya.

Well, hari itu kami bicara tentang AIR MINERAL KEMASAN yang disponsori oleh air minuman kemasan yang paling terkenal di negeri ini (yang di pojok daerah manapun kalo kita beli air minum kemasan tinggal bilang aja merk ini, tapi yang disodori malah merk lain :D ) Lumayan juga iinfo yang didapat dari obrolan kami sore itu. Saya rangkum aja sedikit, ya (yang saya ingat) :

Q : Apakah aman minum air kemasan ?

A : Ya, Aman. Terutama jika merknya pun sudah mendapatkan kepercayaan publik.

Q : Kenapa harus air putih yang harus kita konsumsi ? Minuman lainnnya (baca :Teh, Kopi,Coklat, Jus buah) gimana ?

A : Minum air putih minimal  8 gelas sehari itu sudah pas dengan kondisi tubuh normal dan wajar. Apalagi dalam kegiatan sehari-hari kan memang kita sudah pasti akan kehilangan cairan lewat urin dan keringat. Kalau tidak diganti dengan air putih yaaa, mau dapat gantinya dari mana? Kalau Teh, Kopi, Jus Buah, ya pasti boleh, hanya saja porsinya jangan mengalahkan si AIR PUTIH itu tadi..

Q : Minum air minum kemasan yang mengandung mineral itu katanya BAHAYA buat tubuh…nah lho…gimana tuh?

A : Kalau kandungannya masih aman dikonsumsi, malah bagus buat tubuh, yaaa, tidak apa-apa. (Saya cari jawaban tambahan untuk lebih memuaskan hati, nemu link ini)

Q : Minum air putih sampai 2 liter di pagi hari segera setelah bangun tidur katanya bisa buang racun dari dalam tubuh.Betulkah itu, dok?

A : Sangat tidak setuju. Yang namanya MINUM AIR PUTIH pun ada dosisnya. Kalau sampai over dosis alias kebanyakan minum air putih, ya nggak bagus juga. Yang terjadi apabila tubuh kekurangan air adalah tubuh akan menyeimbangkan diri dengan menyedot air dari organ-organ yang ada dalam tubuh manusia. Tubuh akan menyerap air dalam darah yang menyebabkan darah akan menjadi sangat kental dan alirannya menjadi tidak lancar, akibatnya dapat menyebabkan lambatnya aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, suhu tubuh menjadi naik dan parahnya penyakit ginjal menanti.Tapi jangan terlalu banyak juga mengkonsumsi air, usahakan minumlah dengan bijak dan cukup, apabila penggunaan air berlebih, akan menyebabkan volume darah menjadi besar sehingga memacu kerja jantung dan ginjal. Jantung seolah didesak untuk memompa darah lebih cepat, sementara ginjal di desak untuk mengeluarkan cairan lebih cepat. Maka dari itu cukup minum air 1-2 gelas secara bertahap, jangan lakukan minum sebanyak 1,5 liter- 2 liter sekaligus, katanya. Waduhh, jadi serba salah kelihatannya. Karena kondisi tubuh manusia yang berbeda-beda penggunaan air minum dapat di hitung sebagai berikut : Caranya: berat tubuh (kg) x 50 ml hasilnya adalah jumlah air dalam ml (milliliter) yang dibutuhkan, atau bisa juga diubah dalam kesatuan liter. misalnya, orang dengan berat tubuh 50 kilogram membutuhkan 50 kg x 50 ml = 2500 ml / 2.5 liter airKurang minum (air putih) atau terlalu banyak minum (air putih) , sama-sama merusak ginjal. jadi ya,kalau mau sehat, usahakan CUKUP MINUM AIR PUTIH.

Q : Air  minum kemasan yang sering kita lihat dijual di ios-kios pinggir jalan dan sudah terpapar sinar matahari berhari-hari itu boleh kita konsumsi nggak?

A : boleh, asal masih tertutup dengan segel yang bisa dipertanggungjawabkan dan belum pernah dibuka.

Q  : Tips buat minum yang sehat ?

A : Minumlah air putih yang cukup dan mengandung mineral yang baik bagi tubuh :)

Siap, dok. pastinya obrolan kita sore itu sangat bermanfaat. Terima kasih untuk sesi ngobrol kita, dok:) Senang sekali bisa bertemu dengan Anda. Sehat selalu yaa^^

 

 

– W-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s