Penyiar Radio paling terkenal di dunia

Namanya adalah Maruja Venegas. Masa jayanya ketika itu juga merupakan masa keemasan radio dan Perang Dunia II masih berlangsung saat Maruja Venegas mulai membawakan acara anak-anak di radio Peru. Saat ini, 68 tahun kemudian, acara Radio Club Infantil yang digawanginya masih bisa didengar. Hal itu membuat perempuan berusia 97 tahun itu ditetapkan sebagai pembawa acara radio paling awet di dunia oleh Guinness World Record.
Anak-anak yang dulu mendengarkan acara saya kini telah dewasa. Mereka telah menikah bahkan beberapa telah memiliki cucu. Merekalah, para kakek dan nenek, yang memberikan dukungan terbesar bagi saya. Banyak kakek dan nenek yang mengenalkan cucu mereka pada program saya,” imbuhnya.
Maruja Venegas, Penyiar Radio paling terkenal didunia
Vanegas adalah seorang pembawa program musik populer saat dia mulai membawakan Radio Club Infantil pada 18 Desember 1944 atas permintaan pemerintah untuk menghibur anak-anak yang sakit di rumah sakit. Acara Radio Club Infantil menjadi sangat populer pada 1950-an sehingga menarik perhatian penyanyi dan aktor Peru. Pendengar acara itu mendesak vanegas untuk membangun sebuah sekolah pada 1956. Namun, saat negara itu dilanda krisis pada akhir 1980-an,
Vanegas terpaksa menutup sekolah itu.
Maruja Venegas, Penyiar Radio paling terkenal didunia
Meski begitu, acara Radio Club Infantil terus mengudara meski Vangeas harus melakukannya via telepon dari kediamannya sejak dia berusia 90 tahun. Acara yang dulu diputar dua kali dalam sepekan kini hanya berdurasi setengah jam pada pukul 18.00 pada hari Minggu. Vanegas terus menyiapkan acara itu sendiri dengan menyertakan cerita, musik, dan nasehat untuk anak-anak.
Suatu hari, sebenarnya saya ingin membawakan acara semacam ini. Pernah sekali saya ungkapkan keinginan saya pada Edwin Sandi (pada saat EDs masih jadi PD ketika itu), jika waktu dan segala sesuatunya memungkinkan, saya akan menyempatkan diri untuk siaran di hari minggu pagi, membawakan cerita-cerita untuk anak, dengan bahasa yang baik, dengan lagu anak-anak yang memang seharusnya untuk anak, dengan keceriaan yang seharusnya dimiliki oleh anak-anak. Seperti Kak Anna di TVRI dulu. Agak mirip dengan Paman Gerry Female (tapi gak sama hehe), more like me:)
Yah, mungkin suatu hari nanti…
-W-

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s