The (almost) Forgetable Person : Duty Officer

Gimana, udah siap, Sep?” tanya saya pada ASEP KUSMIRAN, salah satu DO yang bertugas ketika itu.

Asep mengangguk, siap di depan mixer dengan headphone dan tangan sibuk mengatur ini itu di atas mixer dan tetikus komputer. And here we go

Hal tersebut merupakan pemandangan biasa setiap siaran akan dimulai. Meyakinkan diri agar proses siaran dapat berjalan dengan lancar sampai tiba waktunya closing. Big thanks to the DOs, yeess :)

Apalah artinya kami-kami ini—para Penyiar Radio—tanpa para Duty Officer? Duty Officer (selanjutnya kita sebut DO) —-ada juga yang menyebutnya dengan Radio Operator atau OPP (baca : O-pi-pi). Tugasnya antara lain mempersiapkan siaran radio secara teknis agar bisa berjalan dengan lancar, sampai melakukan mixing siaran jika si Penyiar tidak melakukan mixingsendiri.

Kehandalan seorang DO bisa kita lihat dari sejauh mana doi mengenal perlengkapan siaran secara teknis dimana salah satu kewajibannya adalah menyalakan/mematikan pemancar siaran, mengoperasikan komputer dengan baik, menguasai program siaran yang digunakan untuk bersiaran, hingga melakukan mixing yang baik. Berbagai hal yang berkaitan dengan siaran radio, off air maupun on air, HARUS dikuasai dengan baik.

Ow, jangan sedih…bukan cuma itu saja yang menjadi bekal seorang DO. Penguasaan lagu dan bahkan materi siaran pun, menjadi satu tambahan penting. Kenapa ? Karena akan selalu ada kondisi dimana Music Director(MD) tidak cukup menyiapkan lagu untuk siaran, maka DO mesti bersiap memilihkan lagu yang cocok dengan acara. Itu pun jika acara tersebut merupakan acara zero hour alias tanpa penyiar.

Lha, materi siaran? Kok itu juga jadi urusan DO, sih? Kan itu mah kerjaannya produser? Memang, sih. Tapi ketika bersiaran, apalagi kalau Penyiar kebagian siaran malam, DO menjadi sosok penting sebagai peneman sepi, hehe. Juga, teman bicara laaah. Tak jarang kita dengar suara DO terselip di antara suara Penyiar.

Dan ternyata, ada beberapa cerita juga yang saya dengar dari para DO yang saya kenal. Sebelum era sms ataupun internet seperti sekarang, radio sangat tergantung pada keberadaan telepon konvensional sebagai sarana berkomunikasi dengan pendengar. Sebelum pendengar bisa berinteraksi langsung dengan penyiar, tugas DO lah yang berperan untuk ‘menyaring’ siapa saja yang boleh melakukan kontak.

Yang ini  menyisakan berbagai cerita unik. Ada pendengar yang menelepon untuk sekedar minta lagu, minta saran,  minta tolong urusan pribadi. Ujung-ujungnya ada yang berjodoh pula dengan sang DO. Biasanya, para DO pun jadi hapal akan karakter masing-masing penyiar serta kebiasaan para penyiar tersebut saat akan siaran. Dan kami, para penyiar, juga terkesan akan karakter beberapa DO yang luar biasa ini. Yang kikuk dan ceroboh tapi baikkkk banget– ada, yang pinter main alat musik —ada, yang rajin berwirausaha di sela-sela kerjaan —ada, yang pinteeerrr banget soal komputer—ada, yang masih belum dapet jodoh — ada juga hahaha…

See….ternyata job desknya jadi tambah berlipat-lipat dengan ini dan itu. Makanya, apalah jadi kami ini tanpa adanya DO, ya, terlepas dari masalah teknis yang memang sudah menjadi ranah kekuasaan para DO. Belum lagi jika siaran berlangsung di luar ruangan atau outdoor. Tenaga double harus siap, dan harus ditambah menjadi triple power jika sedang diadakan eventbesar di luar ruang. Karena itu, wahai para penyiar, HARGAIlah kerja keras para DO!

Bagaimana dengan upah para DO? Ada beberapa radio yang menerapkan sistem pembayaran per jam juga ada yang menerapkan sistem pembayaran per hari. Ditambah lembur dan ini itu. Ini itunya anggap bonus saja ‘kali, yaa. Ketemu artis, foto bareng, hantaran makanan dari pendengar buat penyiar (pastinya DO juga kebagian, dongs!).

Terima kasih tak terkira untuk para Super DO yang pernah bekerja sama dengan saya :

Jimmy Hutajulu, Krisnanto, Willy (OPP Radio B 95,6 FM)

Andrie Wahyu, Aldi, Didien Marudin, Santoso, Donny, Adi, Rendra, Sidik, Rinald Ngalungi, Danny, Asep Kusmiran, Ihsan Ergara, Catur (DO RASE  102.3 FM) 

->>> kalo ada yang lupa kesebut, maafkan yaaa ^^

-W-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s