Siaran Tandem

Menurut Kamus Besar Indonesia, istilah kata tandem merupakan definisi sepeda yg dinaiki dua orang atau lebih dengan duduk berurut ke belakang dan semuanya turut mengayuh; atau yang ini : 2 pesawat (tempur) untuk dua orang, satu di depan (sbg pilot) satu di belakangnya.

Tapi heiii…kita tidak sedang membicarakan masalah sepeda ataupun pesawat tempur yaaa….:D Tandem yang dimaksud disini adalah siaran di radio yang menyertakan dua orang penyiar.

Siaran tandem saya yang pertama adalah sekitar tahun 1998 akhir, bersama penyiar senior saya di Raka FM ketika itu. Grogi, banyak salah omong, dan aneh. Pengalaman pertama yang kemudian tidak dialami lagi bertahun-tahun keraa tak nyaman. Sampai kemudian saya merasa, mungkin saya tidak cocok siaran bersama seorang partner. I’m a single fighter.

Pengalaman ber-tandem ria selanjutnya datang di awal tahun 2004 , ketika 95,6 Radio B masih dikenal dengan B Radio dan bertempat di Dago 25. Partner saya adalah Kang Mufti Muchtiyar (sekarang di Radio Cosmo FM), siaran percobaan Morning Show yang kemudian berlanjut selama beberapa pekan. Sampai kemudian Jopie Joeda (sekarang di U FM) menjadi partner tetap saya bergantian dengan Peter Hawk ketika itu.

Lepas dari B, sekian tahun saya menjadi single fighter di Rase FM Bandung. Meskipun pernah siaran tandem di beberapa momen istimewa seperti acara Sahur di akhir tahun 2006 bersama Dwi Indra Purnomo (sekarang di Mara FM) dan di acara ulangtahun Rase tahun lalu (2012) bersama Yafi Alawy.

Aeh, setelah diurut-urut, teryata udah lapuk juga saya ya, hehe. Waktu terus berlalu dan saya masih disini. Sampai jelang akhir tahun 2012, Imonalter ego saya di udara- menjadi partner siaran saya selama sekitar 2 tahunan. Sampai kemudian saya dipasangkan dengan Anggie Gerhana di acara sore-nya Rase.

Tantangan siaran tandem adalah menyatukan frekwensi dengan partner kita. Mencoba saling memahami, saling mengerti. Dan itu tidak mudah. Pasti ada masa-masa dimana kita tidak sepaham dan malah bertabrakan kata. Pokoknya nggak enak lah dengernya! Dan itu semua makan waktu yang nggak sebentar.

Mas Eko Junor pernah cerita, kalo siaran tandem itu jodoh-jodohan. Beliau pernah siaran tandem juga dengan mbak Mira Junor (istrinya), tapi ternyata malah nggak sukses. Salah satu pasangan tandem yang cukup populer (di Bandung — yang saya kenal) di antaranya adalah Tika & Ronal —yang bahkan juga bertandem di TV show, dan pasangan-pasangan ngetop lainnya yang berangkat dari dunia radio.

Partner saya kali ini, Anggie, juga memiliki beberapa alter ego yang menarik dan menjadi daya jual kami ketika bersiaran. Dan saya pun tak hanya punya Imon. We were grew up together, gitu kali ya kalimat yang cocok hehe…

Well, intinya sih, siaran tandem itu nggak semudah yang dibyangkan. Apalagi dari segi efektifitas, pesan yang akan disampaikan kepada pendengar (contoh, adlib), akan jauh lebih efektif jika disampaikan oeh satu orang saja. Keberadaan dua orang atau lebih kadang maah membingungkan pendengar. Salah satu alasan kenapa sebuah acara memakai 2 atau lebih penyiar adalah : biar rame aja!!!

Catatan lain untuk siaran tandem adalah, kenali partner siaranmu dengan baik, and make a good connection with him/her, supaya bisa terjalin kerjasama yang baik pula di udara. Meskipun ada juga kejadian, penyiar tandem yang sama sekali bahkan tak mau bersapa ria satu sama lain karena merasa tidak cocok. Pendengar memang nggak akan tau, tapi tentu saja nggak asik sama sekali!!!

di OB Van Rase FM bersama 2 orang sahabat
di OB Van Rase FM bersama 2 orang sahabat

So, jangan anggap gampang siaran tandem, ya. Karena memang  apa yang kita dengar di radio, sama sekali tak semudah yang kita dengar….

Leave a Reply

