Bagaimana Caranya Agar Bisa Terkesan Mengalir Saat Siaran Radio ?

“….kalo lagi susah tidur rasanya kadang jadi gelisah. Pengen tidur tapi nggak bisa. Kalo nggak tidur, takut besoknya jadi ngantuk. Badan balik ke kanan, mata tetep melek. Badan balik ke kiri, masih teteeep aja nggak bisa tidur….blablabla…”

Suara si penyiar mengalir lancar seperti membaca, tapi sama sekali tidak terdengar membaca, malah seperti mengobrol. Apalagi kalau suaranya enak, duh, tambah betah deh, dengerin radionya….:) apa jangan-jangan si penyiar ini memang baca yaaa???

Mungkin saja, kalau tidak terdengar membaca, berarti memang dia ‘jago’ ngomong supaya terdengar mengalir^^ . Mengalir atau ngomong nyerocos, tentu ada bedanya. Mengalir seperti air tenang, nyerocos seperti air banjir! Hadehh…..

Menurut dokter@penyiar.com (yang menjadi acuan saya), istilah untuk mengalir saat berbicara adalah LEGATO. Legato berasal dari bahasa Italia yang maksudnya “terikat bersama”, dan juga dipakai dalam teknik bernyanyi untuk menggambarkan pergeseran nadanya harus bersambung dan terdengar mengalir. Kebalikannya adalah STACCATO di mana perpindahan ke nada berikutnya harus terpisah, seperti main piano hanya dengan satu jari sambil menekan pedal yang kiri. Di antara mulusnya Legato dan loncatnya Staccato ada yang “medium” dan disebut MARCATO; lumayan tegas dan nada-nadanya tidak bertransisi secara sambung-menyambung.

Memang tidak mudah untuk bicara mengalir pada saat on air. Lebih sulit lagi jika kita grogi. Saya selalu diingatkan oleh bos saya, “Preparation is EVERYTHING!” meskipun pada pelaksanaannya kembali lagi pada ketidaksempurnaan kita sebagai manusia. Yang penting, ingat saja yang pelengkap ini:

1) bicara lancar berdasarkan banyaknya “talking points” di kepalanya,

2) pemanfaatan perangkat ekspresi lainnya seperti suara dan bahasa tubuh yang
membantu menunjang kesan “tidak terhenti” bicaranya, dan

3) nafas yang lancar dan “tak terdengar/mengganggu” selama ia berbicara.

Yang jelas, satu hal yang harus bisa diandalkan di mana pun kita berkesempatan untuk berbicara di depan umum adalah perangkat ekspresi kita sendiri. Bicara yang mengalir adalah ciri khas Broadcaster/Entertainer istimewa. Supaya kita terbiasa bicara tanpa jeda/bengong, dan berbobot tanpa “ngecap”, satu-satunya cara ya latihan bicara. Jangan sia-siakan setiap kesempatan untuk latihan bicara, di depan umum, di depan kelas, atau bahkan bertanya kepada dosen di ruang kuliah. Dengan terbiasanya kita mengekspresikan diri di depan umum maka pada saat waktunya tiba, segalanya akan terasa mudah dan mengalir.

Bicara mengalir boleh saja, tapi ingaattt….DURASI!^^

 

– W –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s