Dyna Fransisca

Interview w/ Dyna Fransisca a.k.a Dyna Idol

Promo single ‘Mengenangmu’

09 Desember 201o



Melihatnya di TV dan berada di depannya langsung memang beda rasanya. Di TV, doi tampak jangkung and look like a star. She’s still like a star at this moment, but a humble one, hanya saja tampak lebih kecil. Mungil, tepatnya. Namanya Dyna Fransisca.

Lagu ‘Mengenangmu’ yang sebelumnya dipopulerkan Kerispatih dengan vokal Sammy mengalun sebagai pembuka.

“Akhirnya…ketemu juga kita ya, Dyn…..” sapa saya membuka percakapan. Dyna menyahut pendek sambil tersenyum. Suaranya lembut sekali. Cocok dengan penampilannya yang imut. Lesung pipinya makin membayang jelas.

“Tahun 2008 masih wara wiri di Indonesian Idol…hari ini udah punya mini album…gimana ceritanya tuh, Dyna? Bawa lagunya Kerispatih juga kan ya…”

“Iya, cuman bedanya lagu yang ini Dyna bawakan sesuai karakter Dyna….bisa dibilang perempuan sekali…beda sama versi Kerispatih…jadi di mini album ini ada 6 lagu, 5 lagu baru dan 1 lagu recycle pake judul ‘Mengenangmu‘….”

“Tanggung atuh, Dyn…sekalian aja full album…gimana?” goda saya. Dyna tertawa menanggapinya.

“Memang sudah ada rencana, sih, sesudah mini album ini, bakal ada album nantinya. Isinya lagu-lagu yang juga Dyna tulis sendiri…”

“Waw…Dyna bikin lagu?”

Gadis ini mengangguk sambil tetap tersenyum memamerkan lesung pipinya yang menawan. Lesung pipi yang ternyata juga sempat menawan hati Anang Hermansyah saat menjadi juri Idol.

Bahkan Anang sempat membuatkan single buat Dyna berjudul “Sendirian“, hanya saja tidak terlalu populer.

“Yaa…kebetulan Dyna bisa main gitar juga…main piano…walau otodidak dan ga jago-jago amat, sih…” Well, talented girl. How lucky she is:)


Usai break iklan, Dyna menyanyikan lagu lain dari mini albumnya ini. Lagunya lucu. Judulnya  ‘Marah-marah‘. Centil, genit, meskipun tidak meninggalkan warna vokalnya yang lembut. Karakter lagunya memang membuat Dyna lebih menggemaskan. Dibawakan secara minus one tanpa cacat. Bukti lain kalau jebolan Indonesian Idol memang bukan sekadar asal bisa nyanyi.

“Belajar khusus juga untuk nyanyi nggak, Dyn? suaramu ini kan bagus, hehe…”

“Ah…enggak..cuma latihan biasa aja…latihan sambil karaoke…”

“Oya? Seneng karaoke juga? Lagu apa yang suka dibawain Dyna kalo pas karaoke?”

“Senengnya nyanyiin yang berat-berat…lagunya Beyonce, Alicia Keys…”

Langsung saja saya ‘todong’ Dyna untuk menyanyikan sepenggal lagu favoritnya. Tanpa cela dinyanyikannya sebait lagu ‘If I A’int Got You‘-nya  Alicia Keys.


Some people want it all
But I don’t want nothing at all

If it ain’t you, baby
If I ain’t got you, baby

Some people want diamond rings
Some just want everything
But everything means nothing
If I ain’t got you, yeah



See? Nggak susah buat seseorang seberbakat Dyna untuk menyanyi dengan merdu. Spontan kami yang ada di ruangan itu bertepuk tangan.

Percakapan selanjutnya mulai  mengungkap sedikit kejutan dari Dyna. Mulai dari cerita perjalanan naik turun panggung di Palembang sana untuk mengikuti berbagai festival nyanyi dan festival Band sampai kisah  mengantri untuk audisi Indonesian Idol. Kami tertawa ketika Dyna bilang bahwa beberapa penyelenggara festival menyanyi di Palembang malah melarangnya ikut serta karena terlalu sering menang.

Untung ikutan Idol, hehe. Lagipula, masa ditolak penyelenggara, sih? Sebagai satu-satunya finalis asal Palembang Dyna bisa membuktikan diri kalau dia juga mampu berjaya di ranah nasional. Tak terbayang kalau gadis semanis dan bersuara sehalus ini tergabung dalam sebuah band rock sebelum akhirnya menapakkan kaki di Jakarta. Bisa jadi Dyna masih sibuk dengan band rocknya kalau dia tidak mencoba mengikuti ajang Indonesian Idol.

“Tadinya sih, mau nyerah aja. Abisnya, antriannya panjaaaannnnnnggg banget kayak ular…liatnya aja udah capek. Panas, penuh dengan ribuan orang…Untung waktu itu ada seseorang yang kasih semangat aku…ayo, Dyn, kamu pasti bisa….gitu….jadi aja, aku menguatkan diri sampai akhirnya bisa jadi satu-satunya finalis dari Palembang yang maju ke Jakarta…”

Deuh, saya lupa nanya, bagaimana nasibnya si seseorang ini ya? Soalnya kalau saya nggak salah tangkap sih, seseorang ini posisinya sebagai pacar deh…ehm…

“Masih ingat lagu apa yang kamu nyanyikan pertama kali audisi?”

“Ingat banget…Lagunya Siti Nurhaliza yang judulnya ‘Percayalah’…kebetulan memang aku suka banget Siti Nurhaliza…”

OK. Bersuara lembut, suka Siti Nurhaliza, nyanyiin lagunya Alicia Keys, dan pernah jadi vokalis band rock. Semuanya merupakan pengalaman di dunia nyanyi. Dyna sebagai seorang Dyna tanpa embel-embel penyanyi, seperti apa ya???

“Describe yourself in three words, please…” kata saya. Dyna sedikit menerawang.

“Ceria, Rame…karena anak bungsu dari 2 saudara, Kadang suka cengeng…..”

Keliatan, neng…hehe….Jelasnya sih, orangnya moody. Dyna yang berbintang Leo ini mengaku begitu.

Dan Gadis ‘blasteran Jawa-Palembang ini juga ternyata suka masak, sodara-sodara…

“Kamu bisa masak? Masak PEMPEK bisa? secara dirimu Wong Plembang gitu….”
“Ya, bisa dong…di keluarga Dyna harus bisa masak…malu nanti kalau anak gadis nggak bisa masak…”

Last but not least,

“Yang bikin kamu cinta sama musik itu apa?” tanya saya.

“Mmm…musik itu bisa mengungkapkan perasaan yang ada…bisa mengungkapkan isi hati…bener-bener penyemangat hidup.” Ada kilau di matanya ketika mengatakan hal itu. Kamu benar, darling, Musik memang penyemangat hidup. Kamu juga harus semangat terus ya, semangat untuk mencapai mimpi-mimpimu…

#Catatan Timorensis


Interview ini memang sudah cukup lama. Tapi masih jelas di ingatan saya segala hal yang saya tahui dari pertemuan singkat itu. Termasuk fotonya yang ‘unyu-unyu’…hehe…well, sampai hari ini nama Dyna memang belum terdengar lagi. Mungkin dia tengah sibuk dengan rencana-rencana lainnya. Semoga catatan singkat tentang obrolan ini bisa sedikit mengobati rasa kangen para fans Dyna Fransisca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s