J-Movie : ICHI

J-Movie : ICHI (2008)

Director: Fumihiko Sori

Writer    : Kan Shimosawa

Stars       :Haruka Ayase, Shidô Nakamura, Yôsuke Kubozuka, Takao Osawa
Genre       : Action

Runtime : 120 min

Dulu sempat ada tokoh pedang Jepang bernama Zatoichi. Dan dia buta, juga menjadi legenda. Bisa dibilang, Ichi (Haruka Ayase) adalah Zatoichi versi perempuan. Sama-sama buta, sama-sama jagoan.

Dibalik wajah cantiknya dan kepiawaiannya bermain Shamisen (alat musik petik tradisional Jepang), orang sering salah sangka dengan mengira gadis ini adalah gadis lemah. Belum tahu saja kalau pedangnya mulai ‘bernyanyi’…:D

Ichi bertualang keliling negeri, mencari tahu tentang lelaki yang mengajarinya bermain pedang ketika ia masih kecil dan menduganya sebagai ayahnya, juga berusaha hidup semampunya dari bermain Shamisen. Sampai kemudian takdir mempertemukan Ichi dengan Toma Fujihori (Takao Osawa) , yang bermaksud membela Ichi dari serangan para preman (baca : YAKUZA jaman dulu) , tapi kemudian malah Ichi yang menyelamatkan Toma karena Toma tidak bisa melepaskan pedang dari sarungnya.

Cerita berlanjut pada perjalanan Ichi bersama Toma dan seorang pemandu cilik bernama Kotaro. Mereka menolong penduduk di sebuah desa dari serangan para preman yang merasa dirugikan dari pertemuan mereka dengan Ichi. Lagi-lagi Toma gagal membantu, parahnya lagi, dia malah pura-pura pingsan. Alasannya? Malu karena pedangnya (lagi-lagi) gagal dicabut dari sarungnya. Kejadian tersebut membuat sosok gadis buta yang pandai bertarung menjadi bahan pembicaraan.

Sampai kemudian kabar tentang Ichi terdengar juga oleh pimpinan Yakuza yang sadis, Banki. Penduduk desa yang dikunjungi oleh Ichi menjadi korban Banki yang ingin tahu tentang gadis buta pembela para penduduk desa yang ternyata sering menjadi korban pemerasan dan kejahatan lainnya dari para bandit ini.

Pertarungan antara Ichi dan Banki pun tak terelakkan. Tentu saja setelah sedikit bumbu drama antara Ichi dan Toma, serta dikurungnya Ichi di dalam gua gelap.

Bisakah Ichi mengalahkan Banki? Apakah Toma bisa bertrung dengan pedangnya? Bagaimana nasib penduduk desa? Tentu saja akan terjawab kalau menonton sampai akhir.

Sedikit catatan, film ini memang agak lambat dan monoton (kalau kita bandingkan dengan action movie dari Hollywood atau Hongkong). Juga miskin backsound. Untunglah, bakbikbuk perkelahiannya lumayan meyakinkan. Oya, buat yang ngeri lihat darah, tutup mata aja deh:D

#Ichi : Satu (Bahasa Jepang)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s